3-2


Seperti janji saya, saya akan #kejar sampai dapat, pagi ini di manapun. Saya siapkan proposalnya, bercampur dgn 1/4 keraguan. #skripsiEPIC

Jam 9.00 saya masih di kursi komputer di mana saya masih bingung.  #skripsiEPIC

Problem Based Learning atau lainnya. Seingat saya, PBL ini ada jenisnya.  #skripsiEPIC

Celakanya saya gak nemu; dan ini sudah setengah jam dari jam yang dijanjikan.  #skripsiEPIC

Mereka hanya bilang ada Problem-BL, Project-BL, bahkan Puzzle-BL.  #skripsiEPIC

Keren, tapi yang paling pas dengan maunya saya ya Problem-BL. Interval antara real dan abstract world+problem. #skripsiEPIC

Sehingga dua proposal yang saya siapkan, isinya satu tentang Problem-Solving, satu tentang Digital Game-BL.  #skripsiEPIC

Digital Game-BL karena saya yakin sekali (ada) metodologi DGBL yg bisa dipasangkan pada unit kegiatan pembelajaran. And it was on Journals.  #skripsiEPIC

Problem-Solving strategies karena untuk mencapai keterampilan pemecahan masalah, tentu cuma kata-kata ini jodohnya.  #skripsiEPIC

Berangkatlah saya.  #skripsiEPIC

Ada kejadian lucu, dan saya heran mengapa saya melakukan ini.  #skripsiEPIC

Waktu saya sunting dua proposal itu, ada ini :  #skripsiEPIC

"...pemainnya memainkan peran tokoh & berkolaborasi u/ merajut sebuah cerita bersama. " fffuuu
“…pemainnya memainkan peran tokoh & berkolaborasi u/ merajut sebuah cerita bersama. “
fffuuu

And I was like : “What the heck am I doing this X_X” hahahaha #salahFokus #skripsiEPIC


Di jalan, saya menyadari bahwa saya dan Beliau punya cara memandang yang berbeda. #skripsiEPIC

Saya yakin sekali bahwa DGBL ini akan ampuh, sementara beliau melihat untuk apa DGBL ini. #skripsiEPIC

Dosen akan melihat judul kita secara Goal Oriented. Saya lihat dari… #skripsiEPIC

nafsu-oriented. Beliau lihat dari ujung, saya dari pangkal. #skripsiEPIC

Ini masalahnya. Tapi mungkin juga tidak. #skripsiEPIC

Ambisi menjalani mata kuliah ini, menurut saya, perlu. #skripsiEPIC

Saya belum merasa bersalah di poin ini. Ada jurnalnya kok. Amerika, Spanyol, Asia.  #skripsiEPIC

DGBL untuk Programming, Nutrition learning, dan lainnya. I’m so sure.  #skripsiEPIC


Anw, di malam kemarin, belum habis bingung saya, saya beranikan untuk #serangBalik padanya.  #skripsiEPIC

Saya : kalau boleh, saya kirim email tentang pendapat saya tentang DGBL & reinforcement learning. Tak dibalas.  #skripsiEPIC


Selayaknya eyeshield21, saya salip satu demi satu kendaraan yang ada. Karena saya sadar ini nyaris terlambat.  #skripsiEPIC

Seperti biasa, dalam momen-momen seperti ini, -entah kenapa- bensin Besouro, motor saya selalu nyaris Empty. Seperti waktu #PPLawesome.  #skripsiEPIC

CIIIIT!!!!  #skripsiEPIC

Di flyover saya lihat handphone saya bahwa beliau tidak di tempat yang saya maksud. Beliau di kampus.  #skripsiEPIC

Putar arahlah saya ke kampus. Ternyata sedang ada kesibukan. Saya tunggu.  #skripsiEPIC

Saya bertemu dengan adik kelas yang baru saja lulus. Selamat, senior!  #skripsiEPIC

Lalu saya membuntutinya sampai ke ruangan. #yaelah #skripsiEPIC


Coba tebak, apa yang Dosen obrolkan pertama kali saat saya bertemu tadi pagi?  #skripsiEPIC

Beliau lanjutkan #debat kami. Hahahaha saya masuk di mimpinya, mungkin. #ogah  #skripsiEPIC

Mungkin untuk mengganti balasan SMS saya. Adrenalin saya menanjak sama seperti waktu saya kontrak matkul Kapita selekta,  #skripsiEPIC

yang mendebatkan tentang penyelenggaraan TIK di sekolah yang kacrut.  #skripsiEPIC

Apa katanya tentang GBL?  #skripsiEPIC

Ternyata sudah ada penantang sebelumnya yang pernah propose dengan Game juga.  #skripsiEPIC

Ditolak. Karena gak ada Boundary. Ego dan temuan saya berkata sebaliknya; tapi lisan saya tidak menurutinya.  #skripsiEPIC

Kami diskusi lumayan banyak tentang Model pembelajaran ini. Ah, senangnya punya teman diskusi. #skripsiEPIC

Beliau dukung aja kok kalau nantinya SQL yang saya pelajarkan pada player bisa diukur benar-salahnya dari sintaks. Sintaks terefektif.  #skripsiEPIC

Exactly that I wanted. Dan beliau pula. #skripsiEPIC

Nyaris saya dibelokkan ke Project Based. #skripsiEPIC

Dan saya bilang : saya tidak ke sana. Arah saya bukan ke sana. Selamat, saya tidak dibelokkan! #skripsiEPIC

Lanjut diskusi, saya dan beliau saling ceritakan masing-masing keinginan tentang #skripsiEPIC ini.

Di awal pertemuan saya bilang bahwa saya buat banyak proposal. #skripsiEPIC

Selayaknya memilih-milih menu makanan, beliau lihat satu-satu dan memberikan tanggapan. #skripsiEPIC

Proposal yang saya ajukan tanpa perubahan berarti dari kemarin, ditolak lagi. Saya terima, karena… #skripsiEPIC

Yang saya lihat dari argumennya, beliau #menyelamatkan saya dari keriskanan lemahnya penelitian GBL. #skripsiEPIC

Ada ancestor saya yang sudah 7 tahun minus sekian bulan karena tidak berhasil membuat skripsi yang oke. Padahal sudah bekerja, dan keren. #skripsiEPIC

Hal ini karena “gerbang”-nya, beliau buka. Tapi keren banget kakak kelas saya ini sudah menaklukkannya. Hebat. Tapi, ya, ini tentang deadline. #skripsiEPIC

Saya jadi ingat Ortu saya melarang saya membuat judul yang terlalu tinggi dan ngawur. Saya tak dengar dan maju terus. #skripsiEPIC

Ortu saya bilang bahwa dosen ngarti kok tentang penelitian. Nah ini yang saya gak faham (atau, gak terima). #skripsiEPIC

DGBL masih kurang tajam. Ini yang saya simpulkan, bahkan hanya dari blogpost kemarin yang saya buat. #skripsiEPIC

Saya harus memulainya dari Metoda pembelajaran. Ah, padahal ini yang saya hindari dari awal. #skripsiEPIC

Tapi kegiatan “Berkelana” ini gak saya sesali. Anggap saja film rhoma irama lanjutan dengan judul : “Berkelana XII” #skripsiEPIC

Akhirnya dosen melirik salah satu proposal saya. Dan memberikan tanda tangan di depan mata saya. #skripsiEPIC

“………………………”  #skripsiEPIC

#skripsiEPIC

Is this real life? tiba-tiba disoriented #skripsiEPIC

Terima kasih banyak, Dosen! #skripsiEPIC


Di kemahasiswaan, untuk urusan politik mahasiswa, saya dapat ini : #skripsiEPIC

Daripada saya kalah 0-1 dengan lawan, lebih baik saya kalah pada angka 1-2 dengan lawan. #skripsiEPIC

Walaupun itu digunakan ketika prediksi saya kemungkinan besar kalah. #skripsiEPIC

Saya tahu saya telah kalah tentang DGBL; mungkin DGBL bisa dilakukan dalam penelitian terapan. #skripsiEPIC

Tapi di judul saya, saya berhasil bertahan di sebagian besar bagian judul saya.  #skripsiEPIC

Coba tebak, proposal manakah yang terpilih, yang pertama atau yang ke dua? #skripsiEPIC


Salah, saya buat 3 proposal. #skripsiEPIC

Dengan pengubahan sedikit pada bab di kajian pustaka. #skripsiEPIC


Di detik terakhir sebelum berangkat jam 9 tadi, saya putuskan untuk lihat buku tebal Model of Teachingnya Joyce&Weil; #skripsiEPIC

Buku yang pernah dibawa dengan PD ke salman. Saya baca tapi tak dapat apa-apa. #skripsiEPIC

Saya ikuti secercah ingatan saya tentang apa yang Beliau bilang. Inquiry. #skripsiEPIC

Pas saya lihat model-yang-satu ini menggunakan kata “Problem” sebagai step-stepnya. Sebentar, ini sepertinya yang saya suka :-). #skripsiEPIC

Walaupun di internet dibedakan antara Inquiry dan Problem based. #skripsiEPIC

Ternyata jalan masuknya Konstruktivisme juga. Paradigma yang saya taksir sejak Semester 1 kuliah. #skripsiEPIC

Sejak kemarin, saya tahu posisi saya defensif di 3/4 bagian judul saya. 1/4-nya ditolak. Hari ini saya coba dengan hybrid strategy. Wkwk.  #skripsiEPIC

1/4 celah ini saya ofensif. 3/4nya saya defensif. #skripsiEPIC

Saya #mengalah. Saya jadikan ini kerangka utama penggunaan CRPG saya. #skripsiEPIC

Proposal itu yang diterima. #skripsiEPIC

Beliau menolak Problem based karena dianggap Problem posingnya terlalu sederhana. Okelaah. #skripsiEPIC


Barulah mulai besok saya akan urus surat-surat penting yang pernah hilang dengan dompetnya. #skripsiEPIC

Mulai besok saya akan sering keluar kamar. #skripsiEPIC

Allahuakbar! The second Sprint starts today! #skripsiEPIC

Sekarang saatnya mandi. #skripsiEPIC

bertiga

DGBL untuk Id, Problem Based untuk Ego, Inquiry Training untuk Superego. Saya manjakan semua. #skripsiEPIC

Mungkin di dunia #skripsiEPIC, 3-2 adalah seri. It’s defined as a win-win solution.

#skripsiEPIC eps. 368 selesai.

Tinggalkan Balasan

