Internet Cepat Buat Apa


cacatan

Jadi beberapa bulan lalu ada menteri yang berkata/bertanya “Internet cepat buat apa?”. Kemudian keluarlah jawaban-jawaban ideal dari para netizen, “Buat cari literatur science”, “tutorial di youtube dan kuliah online”, “transfer data ke cloud lebih mudah saat mobile”, “bisnis online biar tambah maju” dan lain-lain.

Benarkah masyarakat Indonesia seperti itu?

Kemudian saya peroleh data dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia),

Profil Internet Indonesia Tahun 2012.

Saya menunggu data tahun 2013 tidak kunjung keluar, jadi saya mau mengomentari data tahun 2012.

internet1

Data 1 : Pengeluaran per bulan Keluarga Pengguna Internet

Jika pengeluaran keluarga pengguna Internet sebesar itu, kemungkinan besar pendapatannya gak bakal jauh-jauh amat. Pendapatan yang jauh dengan pengeluaran mungkin hanya kelompok yang pengeluarannya lebih dari 3 juta per bulan. Misal saya asumsikan yang pengeluarannya 1 – 3 juta sebagai golongan menengah ke bawah, yang berjumlah 72,1 %. Saya simpulkan bahwa 72,1 % (sample) keluarga di Indonesia  yang menggunakan internet adalah…

Lihat pos aslinya 521 kata lagi

Tinggalkan Balasan

