#chattiNK Chat Inspirasi Asik NK 2 : Multiple Intelligences Dakwah


Once upon a time in LINE chat…

20:01 amhar.fm Bismillah.
20:02 amhar.fm seperti maumulai film, saya kasih catatan …jengjengjeeeng
20:04 Hafizh Karim Stickers
20:04 amhar.fm #chatInspirasik adalah chat sharing; bukan berarti bisa dijadikan sumber utama. kebenaran dari Allah Swt.
20:04 amhar.fm silakan bagi yang ingin mute karena ada kesibukan mute aja (ok)
20:04 amhar.fm *** cek dulu ah, Pelajaran apa yang paling boring?
20:05 arinashabrina itung2an!
20:05 Hafizh Karim Sejarah
20:05 Hafizh Karim Selain itung2an
20:06 amhar.fm “selain itung2an” hahaha
20:07 Dian Dwi Wida Putri Biologi
20:07 Ibrahim Imaduddin KA WE EN
20:07 Cahyani Pebrianti FISIKA
20:07 Hafizh Karim Hafalan
20:07 Ibrahim Imaduddin PE PE KA EN
20:07 amhar.fm sejak kapan akhwat gak suka matpel biologi hahah
20:08 Mita Senrup
20:09 amhar.fm seni rupa boring, gitu? walah…
20:09 オズ biologi, senrup
20:10 Danke M. Iqbal bahasa indo
20:10 amhar.fm ^ paraaaah hahaha
20:10 amhar.fm oi danke ka mana wae
20:10 arinashabrina kalau tik boleh ga kang? haha <— apa banget lah
20:10 Sarah Luziani B inggris grammar
20:10 amhar.fm TIK boleh sok lah gpp *hiks20:10 arinashabrina Stickers
20:11 Danke M. Iqbal emang asli boring da hahaha <— hahah i almost know what does he mean
20:11 Intan Inzelia N Bahasa sunda kang 😐
20:11 arinashabrina Stickers
20:12 amhar.fm okee, kira-kira nih,
20:12 Cahyani Pebrianti Serasa muda ngomongin pelajaran
20:12 Cahyani Pebrianti Stickers
20:13 amhar.fm ada gak pelajaran yang disukai, tapi tetep susah ngerti?
20:13 Intan Inzelia N Biologi, kimia
20:13 arinashabrina pokoknya nu itung2an weeee
20:13 Intan Inzelia N Bahasa inggris, semua ‘-‘
20:14 amhar.fm ” semua ‘_’ ” ^desperate banget haha
20:14 Sarah Luziani Kimia, B inggris
20:14 arinashabrina tik kang aku tetep gaptek gini <— polos 
20:14 Cahyani Pebrianti Engga ada #edisicengos
20:14 amhar.fm aih! menarik nih
20:14 amhar.fm kita ke cahyani. Cah, kenapa gak ada.
20:14 arinashabrina cengos paraaaaaah
20:14 オズ Engga ada #edisicengos
20:15 amhar.fm ozu juga
20:15 arinashabrina karena ga ada matpel kang adanya markul
20:15 Cahyani Pebrianti Ahahahahaaa
20:15 arinashabrina *matkul
20:15 amhar.fm ^meni geuleuh
20:15 Annisa Ekawida Putri aduh itu yg ga suka biologi
20:15 amhar.fm walaaah minggir2
20:15 amhar.fm Stickers
20:16 arinashabrina Stickers
20:16 オズ wkwk
20:16 Cahyani Pebrianti Klo semua jiwa, hati & perhatian ditransfer ke hal yg disukai, yaa lebih gampang ngerti we soalnya menarik, kang
20:17 amhar.fm oke, ozu?
20:17 Dian Dwi Wida Putri Engga ada #edisicengos
20:19 オズ ya kang?
20:19 オズ Setujuu teh cah
20:19 amhar.fm siip
20:19 amhar.fm *mendadak speechless*
20:19 amhar.fm oh ya baru inget
20:20 fitrinur5 Tapi kak kalau misalnya kita udah suka sama pelajaran itu tapi nilainya tetap jelek gimana?
20:21 amhar.fm berarti pas ujiannya aja itu mah fit *kok jadi ke sini*
20:21 オズ Kurang berusaha mungkin fit
20:21 Mita Nasib <— jahat pisun
20:21 Mita //boong deng
20:21 Mita Yah….nilai jelek itu punya makna tersendiri
20:21 arinashabrina mungkin…………………………………………………………karena kamu belum terlalu suka. atau karena suka jadi ‘menggampangkan’
20:21 amhar.fm nah, di sini, ada gak yang suka Musik?
20:21 fitrinur5 Maaf ngaco
20:21 Mita Pelajarannya kang?
20:22 amhar.fm bukan. Musik. M U S I K.
20:22 Mita Suka….
20:23 fitrinur5 Tanpa musik bagai taman tak berbunga
20:23 Annisa Ekawida Putri jangan mikirin hasil, mikirin proses, dan niat untuk ngelakuin proses ituu
20:23 オズ sebatas suka aja, ga mendalami hhe
20:23 arinashabrina suka waeeeee
20:23 fitrinur5 Siap teteh
20:24 オズ mikirin hasil mah cara apa pun bisa aja di lakuin (sad)
20:24 Sarah Luziani mikirin hasil mah cara apa pun bisa aja di lakuin (sad)
20:24 amhar.fm siapa yang dulu pernah ngalamin TK-Alquran ? Bisa minta tolong sebutin doa / hymne (atau apa ya namanya) lagu di TKA itu, ketika sebelum pulang? kata-kata pertama nya..
20:24 arinashabrina udah kerjain langsung tinggal we lah ga usah sok2 preiksa stress geura nanti haha
20:24 arinashabrina Stickers
20:25 fitrinur5 Lupa kak
20:25 Sarah Luziani Aku pernah kang. Ada gitu lagunya? Baca doa mau pulang aku mah
20:25 amhar.fm dih! masa gak ada yang hafal..
20:25 amhar.fm ada lagunya, keleus. sebelum pulaaang
20:25 fitrinur5 Hafal kak pas kecil
20:25 Sarah Luziani Da gak adaa jangan ngotot akang… <— da saya mah ngotot
20:26 オズ lupa juga..
20:26 arinashabrina akang coba nyanyiin
20:26 fitrinur5 Ingetnya lagu bila makan nada rindam
20:26 amhar.fm lagunya bahasa arab
20:26 fitrinur5 Kan beda TK kak .
20:26 amhar.fm anyway nada rindam itu apa
20:26 amhar.fm Stickers
20:26 arinashabrina rindam teh itu ada lagu sebelum makan
20:26 fitrinur5 Nada bikin kita laper banget dan bersemangat
20:26 arinashabrina bila waktu makan telah tiba siapkan perut untuk diisi?
20:27 fitrinur5 Betul
20:27 amhar.fm hahaha okelah lagu itu. Rindam
20:27 amhar.fm hafal sama nada nya gak?
20:27 fitrinur5 Sama lagu MPLs
20:27 arinashabrina aku tak bisa menjelaskannya di sini kang
20:27 arinashabrina akang buat apa sih?
20:28 amhar.fm iiih hafal sama nada nya gaak?
20:28 fitrinur5 Ohhh buat bikin album ya kak?
20:28 amhar.fm bukaaan
20:28 arinashabrina hapaaaal
20:28 amhar.fm oke!
20:28 arinashabrina mau ngecover yah?
20:28 amhar.fm arina, kenapa hafal?
20:28 amhar.fm *finally*
20:28 arinashabrina meni arina
20:28 amhar.fm shabrina
20:28 arinashabrina karena catchy kang di telinga
20:28 Cahyani Pebrianti Lagu sebelum pulang? Gelang sepatu gelang?
20:29 arinashabrina jadi mudah dinyanyikan
20:29 Sarah Luziani Teh arina (catface)
20:29 arinashabrina aku tauuuu lagu itu cah aku selalu ngebayangin sepatu jadinya
20:29 amhar.fm oke, siapa yang keajar sama Pak Yadi? dan siapa yang pernah denger lagu Sin Cos Tan ?
20:29 fitrinur5 Aku…
20:29 Cahyani Pebrianti Gilang sepatu gilaaang
20:30 fitrinur5 Belum kak nanti aku request ke pa yadi
20:30 Cahyani Pebrianti Stickers
20:30 amhar.fm gimana lagunya fit
20:30 amhar.fm kok berasa berpacu dalam melodi sih
20:30 fitrinur5 Belum diajarin kak..
20:30 arinashabrina aaaaaaaaaaakuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu kaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnggg
20:30 Sarah Luziani Akuu pernah
20:30 izzan Stickers
20:30 Sarah Luziani Dan aku hafaal hehee
20:30 amhar.fm sooooklah gimana lagu nya sar
20:30 arinashabrina tapi ga apal lagunya aku gak suka matematika kang lieur denger lagu itu tambah lieur
20:30 fitrinur5 Rwkam
20:31 fitrinur5 Kak nanya hapalan lagu untuk apa kak?
20:32 オズ hmm..
20:32 amhar.fm anyway, pernah saya masukkin majalah5 halaman akhir2. http://issuu.com/eduardomenezes4/docs/majalah5__full_color___180509_
20:32 Sarah Luziani Sin plus sin dua cos sin, coa plus cos dua sin cos dst. Hehe
20:33 fitrinur5 Dibilang ga aman kak bukanya…
20:33 amhar.fm masa?
20:33 Intan Inzelia N Kang kalau misalnya bete gara2 pelajaran senimusik karena gak bisa main alat musik atau nyanyi sumbang itu gimana nasibnya?–
20:33 amhar.fm coba duet sama temen. musik itu gak selalu seperti yang ada di tivi.
20:33 amhar.fm naaah! itu dia. Sarah bisa hafal bahkan mungkin
20:33 amhar.fm bisa juga nulis rumusnya.
20:33 Kamila Farhaniah Pake nada balonku #anak pa yadi#
20:33 fitrinur5 Iyah kak…
20:34 amhar.fm So….
20:34 fitrinur5 Teteh katanta anaknya pak asep sekarang anaknya pa yadi…
20:34 arinashabrina Stickers
20:34 Intan Inzelia N Stickers
20:34 amhar.fm what’s a big deal with Multiple Intelligences?
20:35 amhar.fm Multiple Intelligences (#MI) biasa digunain sama orang2 psikologi. arinashabrina pasti tau tentang ini.
20:35 amhar.fm kata yang bikinnya,
20:35 arinashabrina tauuu dooooong
20:35 arinashabrina lagi belajar tes intelejensi niiiih
20:35 Cahyani Pebrianti Knp harus mutiple? Knp ga fokus ke bbrp intelegences aja?
20:35 arinashabrina beberapa teh mutiple neng
20:36 arinashabrina kang amhar mau bahas itu?
20:36 amhar.fm #MI ini memetakan kecerdasan manusia ke dalam BEBERAPA alias MULTIPLE intelligences *ngotot banget*
20:37 amhar.fm Sarah bisa hafal rumusnya, karena dilaguin. Mungkin ada juga lagu-lagu lain yang bahkan gak perlu diperdengarkan, sarah bisa tulis liriknya. Surah2 pendek Quran juga -kurang lebih- begitu.
20:37 arinashabrina betul bisa jadi
20:37 arinashabrina Stickers
20:38 amhar.fm yang menarik, mungkin sarah bisa gak suka matematika, someday. tapi, dia tetep hafal lagunya dan precisely nulis rumusnya.
20:38 amhar.fm di sumber yang saya dapet, ada beberapa #MI : *asa skripsi
20:38 arinashabrina asa kuliah buat aku kang
20:38 arinashabrina haha
20:39 Cahyani Pebrianti Skripsiiii
20:39 Cahyani Pebrianti Stickers
20:39 fitrinur5 Yang skripsi semoga lancar …
20:39 arinashabrina Stickers
20:39 amhar.fm 1. Musikal 2. Intrapersonal 3. Interpersonal 4. Visual Spasial 5. Natural 6. Kinestetik 7. Verbal Linguistik 8. Logika matematika bahkan katanya ada tambahan 9. Kecerdasan Moral (agak aneh haha)
20:40 arinashabrina wooow keren kang! *aku aja ga apal*
20:40 arinashabrina Stickers
20:40 amhar.fm Sarah bisa hafal rumusnya karena Ada kecenderungan ke #MI musikal.
20:40 amhar.fm saya lagi internetan kok. lol
20:40 amhar.fm tapi sayagnya soal matematika mungkin gak akan nanya :
20:41 fitrinur5 Kalau verbal linguistik apa kak?
20:41 Sarah Luziani Oiya gitu kang? Aku ga suka musik apa apa. Kalo denger musik sih seneng sekali
20:41 amhar.fm “Sebutkan rumus sin cos tan!… kalau bisa lagukan juga!”
20:41 Cahyani Pebrianti Dulu pernah dites, dapet logis matematik, visual spasial sm linguistik
20:41 arinashabrina the holistic approach of intellegence
20:41 arinashabrina verbal linguistik teh cerdas bahasa bukan ya?
20:42 amhar.fm verbal linguistik itu bahasa. biasanya kalo disuruh ngomong, jago. atau nulis.
20:42 amhar.fm Musikal bukan berarti suka musik. Musikal berhubungan erat dengan harmonisasi. Harmonisisasi lah
20:43 arinashabrina Stickers
20:43 amhar.fm kalau sarah diminta dekorasi tempat, mungkin bisa juga. (*agak ngasal)
20:44 amhar.fm naturalis yang cepat akrab dengan binatang,
20:44 Firman Ramadhani inter sama intra itu kaya gimana ka ?
20:44 amhar.fm 4. Visual Spasial yang kalau disuruh ke alamat tertentu cepet nyampe nya,
20:44 arinashabrina inter itu hubungan sosial
20:44 arinashabrina kalau intra itu ke dalam diri
20:44 arinashabrina Stickers
20:44 arinashabrina mau nugas brooo
20:45 arinashabrina kakak2 adik2 sampai jumpa
20:45 amhar.fm yap. ciri2 intra itu cepat memperbaiki diri, dst
20:45 Firman Ramadhani ooh itu ternyata
20:45 amhar.fm nah, di dalam dakwah, goal utamanya adalah menjadi perantara dari gelap ke terang benderang, dst.
20:46 Sarah Luziani Ooohh cocok lah yaa SAPPK #nyambung2aja
20:46 amhar.fm ibarat Islam adalah mata pelajaran, rasa-rasanya,
20:46 amhar.fm konsep #MI bisa dihubungkan baik kita sebagai subjek, maupun kita sebagai objek dakwah. Mungkin agak ngawur, tapi biar saya selesaikan dulu. <— ego
20:47 amhar.fm Di NK, ada berbagai jenis anak yang punya kecenderungan kepada salah satu atau lebih #MI. Dalam hal ini kita mesti berdayakan loh.
20:47 amhar.fm Misal, ada yang Padus / VG gak?
20:48 amhar.fm kalau ada, berdayakan saja dia sebagai “Kartu As”nya dakwah NK, pada momen tertentu.
20:48 amhar.fm Yang menjadi masalah itu, kadang2,
20:48 Cahyani Pebrianti Gawean litbang ya ini, btw
20:49 amhar.fm masih ada cenderung berpikiran “saya dakwah pake apa?”
20:49 amhar.fm setelah bertanya pertanyaan itu, alih-alih karena gak difasilitasi, ya engagement ke NK nya jadi minim. dalam kata2 lain, kurang diberdayakan. atau bisa jadi gak ditemukan.
20:50 amhar.fm salah satu quotes tentang #MI itu adalah bahwa yg dimaksud dengan kecerdasan adalah semacam Cara hidup.
20:50 amhar.fm ya, hari ini kita udah nemuin jenis2 orang yang Hidup teh kerjanya bermusiiiik mulu. Ada juga yang menelitiii mulu.
20:51 amhar.fm ada yang kulineeeeeer mulu. Ada yang naik gunuung mulu. ada yang ngurus binataaang melulu.
20:51 amhar.fm ya, gak salah kalau itu juga dibilang menggunakan #MI untuk hidup.
20:52 amhar.fm Nah, saya pikir, dalam urusan dakwah, objek dakwah (LIMA) juga bisa disentuh lewat ini.
20:53 amhar.fm Untuk bisa membuat sekolah jadi rame karena syiar kita, kita bisa ngehubungin antara anak NK dengan anak nonNK via kecerdasan visual : Mading.
20:53 amhar.fm lebih menarik lagi, kita bisa ngelibatin non NK yang suka main/gambar/warna, untuk terlibat, misal :
20:54 amhar.fm beli spanduk putih yang bisa dicat, lalu ngelibatin semua orang yang ngelewat untuk ngasih Cap tangan dari cat yang bisa langsung dibersihin. Lalu sisain huruf stencil yang tulisannya hadist pilihan.
20:56 amhar.fm dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa digali dari #MI yang dampaknya ke dakwah. dari mulai Rihlah ala NK bareng sadagori, sampe bikin video ala logis matematis kayak http://t.co/yAyCfBWjQq untuk syiar counter isssue Atheisme.
20:56 amhar.fm dan itu akan diterima oleh….
20:57 amhar.fm orang dengan kecenderungan #MI yang sama. lagu pak yadi hanya akan masuk dan dihapal sama yang #MI musikal (hipotesis, hehe). 20:58 amhar.fm Lalu bagaimana belajar KWN dengan Musik? Ini masih misteri. <— maaf bu! hehe
20:59 amhar.fm Lebih dari itu, saya ingin menutup dengan, bahwa belajar dengan strategi #MI ini lebih memanusiakan manusia. Menghargai kita dengan segala potensinya.
karena setiap manusia emang punya potensi. Ada haditsnya saya lupa.
21:00 amhar.fm Jangan-jangan, masih banyak intelligences yang belum digali. Aahh, Subhanallah.
21:02 amhar.fm epilog : #MI ini seperti jarak antara satu urat dengan urat nadi lainnya. dialah yang bisa ngehubungin ilmu dengan otak kita. Belajar dengan ceramah di pelajaran biologi pasti boring. Tapi ada gak yang suka dengan cara ceramah? ada ajaa. Nah, begitu juga dakwah. Gali lagi potensi tim kita di NK, dan berdayakan untuk dakwah.
21:02 amhar.fm *sekian.
21:02 amhar.fm #chatInspirasik
21:03 Sarah Luziani Weii makasih kang, (ok)
21:03 amhar.fm Nantikan #chatInspirasik dari @kamil5bdg lainnya, next week (iya kan?)

21:04 amhar.fm “Setiap orang dimudahkan melakukan sesuatu yang untuknya ia diciptakan.” HR Muslim #chatInspirAsik NK

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s