Menuju DKMNK#1 no.1


cc4583e81ffd00cb3af14b9b79377b43a

Bismillah. Saya rekap dari yang telah saya sampaikan kemaren; beserta tambahannya.

Power of you. SRSLY, miliki ke-khas-an.

  • Afif

Basic DKM NK. Dengan visinya yang nganterin DKM NK kepada hidup berdasarkan Quran & Sunnah, it’s great. Tapi ingat, ini belum “ala afif”. Bukan salah, tapi semua DKM juga gini, Afif.

  • Fattreza

Konsep dakwah+syiar yang Luas & Membumi nya fattreza udah oke. Perjelas lagi, melalui misinya, rez.

  • Dian

Sangat tajam di konsep pendekatan. Walaupun dian ngasih masukan untuk keputrian agar publikasinya diramein, tapi kekhasan dian itu di paradigma pendekatan. Ini bagus, tapi, bedakan arti Visi, Misi & Proker.

  • Queensy

Jam terbang Queensy di OSIS kepake ya? queensy membangun visi+misi dengan cantik. Tinggal diperjelas lagi, potensi siswi sman5bdg yang queensy lihat itu apa, dan diarahkan ke mana. Pertajam, pertajam. Ciptakan khas Queensy.

  • Fira

Fira udah oke di pemahaman bahwa, betul, ujung-ujungnya dakwah itu mengubah. Tapi ingat, hidayah itu Allah yang punya. Tugas DKM NK (dlm hal ini, keputerian) adalah bikin strateginya. Fira harus mempertajam strategi ala fira.

  • Nanda

Seperti yang udah saya sampein, nanda bagus di konstruksi konsep. Udah oke dengan ingin menjadikan keputerian Inspiratif; dijawab dengan misi ukhuwah, jaringan, dll. Buat kami sebagai pendengar yakin dengan cara nanda memimpin keputerian.

  • Sarah, Ibra, Tanta, Kevin

Ditunggu loh, ide keren dari kalian šŸ™‚

Coba inget-inget lagi powernya Tsabit, Wafda, Agna, El, Ichfan, ichsan dulu apa.

Barusan itu rekapitulasi KOMENTAR alumni. jadiin pertimbangan aja.

Dalam membuat visi misi, saya menambahkan beberapa poin lagi yang -sebisa mungkin- temen-temen persiapkan juga. Check these out.

1 Tahun, kawan. Satu tahun.

Bayangin kalau seseorang punya visi “Menciptakan SMAN 5 Bandung yang faham akan Islam”. Butuh berapa tahunkah? Di sini ditantang temen-temen untuk punya Visi yang realistis & terukur. Dan Masa Jihad NK15 itu kan satu periode. Dan dari dulu udah ada “estafet”nya. NK15 tinggal lanjutin.

Visi : The Energy, the Idea!

Kalau masih bingung, Visi itu Energi. Inspirasi. Ketika misal di tengah kepengurusan yang penat, ketika kalian menyebutkan visi kepengurusan/keputerian dengan keras di sekre, tiba-tiba semangat tim balik lagi, berarti ini bagus.

Misi : Merealisasi mimpi

hmm sudah cukup jelas. Temen-temen tinggal membaca lagi misinya. Proker itu program. Misi itu frame program. Proker itu “keputerian Inspiratif jumat bersama Nanda dkk” (misal). Misi itu : Keputerian yang terbuka, dan konten yang sesuai kebutuhan. Got it?

DKM NK : Dakwah ala anak LIMA hari ini

Perhatikan berada di mana kita. Apakah sasaran dakwah LIMA itu sama seperti anak Tiga? anak 8 Jakarta?. Apa potensi dan tantangan sekolah di LIMA?.

Khusus ikhwan : Komprehensif (DKM NK=Support+Syiar+Tarbiyah)

Sinergiin dengan Blue Print yang sedang digarap oleh alumni dan kadiv nk14. http://bit.ly/bluprin-ds5bdg

Khusus akhwat : Koordinasi yang membangun dengan Ikhwan

Persiapkan cara ideal koordinasi dengan ikhwan, karena biasanya ini menjadi persoalan ketika mengurus kepengurusan.

Solid, kompetitif!

5 ikhwan & 5 akhwat ini harus bertarung secara sehat. Saling nyemangatin, saling mengingatkan. Anggap saja sudah fix jadi pengurus, ini simulasinya.

Maju Terus! tapi jangan kegeeran ‘kay?

DKM NK mengenal mekanisme musyawarah. Pemilihan ketum dan keput itu bukan di proses pembekalan ini, fren. Pembekalan itu berarti pengurus menciptakan lingkungan kompetisi, arena memantaskan diri. So please, maju terus. Amanah bakal dateng ke orang yang tepat kok. Kaderisasi ala Agna berarti juga mendorong kalian untuk Siap & Mau belajar jadi pemimpin. Jabatannya-apa mah belakangan. Dan… pada dasarnya, gak ada manusia yang mau dikasih beban.

Perihal Jilbab

Betul, kalau jilbab itu bisa kita ibaratin sebagai indikator berhasil-tidaknya syiar DKM NK. Tapi perdalam lagi esensi jilbab. Atau lebih tepatnya Hijab. Cowok juga harus menjaga hijab, ya gak sih? (bukan hijab masjid, okee). Apakah urusan beres ketika seorang siswi muslim mengenakan jilbab? Ayo-ayo, tanya mentor, tanya narasumber.

Satu hal lagi, dulu juga saya mirip kalian; belum tahu banyak. Sebenernya sekarang juga masih. Ini tugas alumni untuk bareng-bareng kalian menciptakan sejarah baru, cerita yang lebih seru. Salah satunya via pembekalan ini. Embrace yourself, move forward, #Allahuakbar!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s