Jurnal, Karangan Bebas, Pendidikan

#PPLawesome 2 : “The Chemistry”


ow! ow! I have to go! Day 2! #PPLawesome

hari ini saya otw ke sekolah dengan prediksi 30 menit sampai. #PPLawesome

ternyata sepanjang perjalanan saya bernostalgia penuh. #PPLawesome

jalan setiabudi, sumatera, yang macet, speedometer yang tanggung, angkot berhenti tiba-tiba. nostalgia. #PPLawesome

waktu itu sy mngenakan clana panjang. ckp sring terlambat krn.. mmprdiksi 30 menit bs smp. Hr ini sy mengulang kesalahan itu. #PPLawesome

lucky! sampai di sekolah sekitar jam 7 teng. Kelas belum dimulai. Bertemulah aku dengan Guru Pamong. #PPLawesome

daan, JACKPOT! Hari ini 4 Kelas. Gila. Tanpa RPP, hajarblehwae. Sang Senior (Pak Guru Pamong saya) maen surung2 aja nih. #PPLawesome

hari ini niatnya sy jd auditori. Ternyata malah ngajar beneran, padahal belum tanggalnya. Euh. Ngementor aja wajib nyiapin. #PPLawesome

kelas pertama! : wow! Lantjardjaja! Smua atensi terpusat, siswa aktif, humoris, dll ada. Relatif lengkap. Kelas idaman? kayanya #PPLawesome

ada kejadian lucu. Saya memperkenalkan diri setelah dipersiapkan. Ini cuplikannya : “Ya, nama saya… (anggap saja) <eduardo>.. #PPLawesome

“saat ini masih kuliah di blablabla…”. “di kampus saya biasa dipanggil AKANG blabla…” Seniorpun memotong : “Oh! Tidak pak.” #PPLawesome

“ini sekolah formal, jd silakan kalian panggil guru br kita dgn panggilan bapak”, ktny. Sy pede2 ajaa da perasaan g ad aturan. #PPLawesome

hahahaha aya-aya wae. Tapi yasudahlah. that wasn’t the point. NEXT! class B! #PPLawesome

dengan gagah berani saya ganti metoda ngajar hahahahahhacapruk. NB : Saya mengisi giliran ngajar dgn Sangsenior sbnyk 2/3nya. #PPLawesome

kelas ke dua ini lumayan seru. Mirip2 kelas pertama, tp dgn keunikan (yg eksplisit) yang berbeda. Seru juga anak SMP ternyata. #PPLawesome

istirahatlah setelah itu. Banyak masukan dari sangsenior tapi lupa bahwa memang hari ini tanpa persiapan. yaa telan sajalah #PPLawesome

masuklah class C ! #eeaa tanpa rehat sama sekali nih saya #PPLawesome ada yang bawa teh botol, ada yang bawa spatu ke lab, bari dicarek 1 1

cukup bisa diprediksi, konsen menurun. Dan seperti Superman, saya GANTI metoda lagi hahaha pake kuis segala #PPLawesome. LKSnya sih sama

saya menggunakan istilah : “Kursi Panas” untuk menekan jumlah orang ngomong tanpa ngacung. kebiasaan anak SD masih kental. #PPLawesome

lalu saya berikan apresiasi hiperbolis bagi anak yang berani ngacung, berani demonstrasi tombol2 di software. efektif. #PPLawesome

lalu secara berurutan dari class A, B, C, saya rada bacot tentang cita-cita, arti nama dan semangat menjadi penemu. senjata. #PPLawesome

#PPLawesome hayang seuri wae. dr kelas A-D, slalu ad anak yg mnaikkan kaki k kursi duduknya, sprti sedang makan. dan dimarahi dgn format :

“eta tong jiga di warteg wae” atau “eta cokor (kalau tidak salah) tong jiga di warteg wae” #PPLawesome. selalu ada warteg.

itu bukan saya. itu Sangsenior. Saya kesulitan untuk marah dari dahulu. Hmm nahyi munkar saya masih cupu #PPLawesome

Ketika salah seorang anak ditanya apa arti “Software”. Beda tiap kelas. ada yang ALL SILENCE. ada ALL GRUMBLING. ada ALL CHAOS #PPLawesome

yg menarik, semua DITUGASKAN karena tidak ada yang berhasil menjawab tanpa LKS. Verbalisme masih merajalela, pemirsa. #PPLawesome

entahlah, selama di SMA-Kuliah, soal essay adalah soal favorit saya. Tapi di sekolah ini, nampaknya soal essay (lisan) = jebakan #PPLawesome

“software adalah sekumpulan instruksi blablabla”. bari ningali LKS. hmm, bukan urusan mudah ternyata C1 itu #PPLawesome

“Lalu, Sistem Operasi itu apa?” “….” “itu yang di iklan itu window berapa?” “…delapan!” “naah..” #PPLawesome

saya jadi ingat, ad kwn sekelompok yg bercanda, komputer d sekolah ini bisa jadi Pentium 1. Sy ketawa aja. Terbantahkan. Win XP. #PPLawesome

PR untuk minggu dpn : arti software, sistem operasi, dan 6 Fungsi SO. sebetulnya di LKS ada loh. #PPLawesome

banyak pertanyaan (assist) dari sangsenior yang tidak dikembalikan dengan elegan oleh murid lalu Goal. challanging pisan ieu #PPLawesome

lalu bagian saya (2/3 jam), nama, kuliah, PPL, warna fav, mi-kes, ma-kes wkwkwk, absensi #PPLawesome

lagi2, Kursi Panas jd atensi yg efektif. Ad “Teams Game Tournament” abal2 pula ha3x. Seru lah. Tp cm dpt 6 poin demonstrasi. #PPLawesome

final class! semua orang kesangan (berkeringat). Shimatta! saya gak nyiapin plan yang ba’da olahraga #PPLawesome

lalu sangsenior secara terpaksa memberikan kelonggaran 10 menit untuk minum-minum di kantin. aawwwww~ #PPLawesome

hmm mngkin ini kls yg plg super. Prmhnan atensi dmentahkan, mteri tertinggal 1 ptm, fulltheory. Soket RAM dianggap motherboard #PPLawesome

dianggap motherboard karena memang di LKS gambar nya mirip-mirip. #PPLawesome. lalu tiba-tiba….

“HEH! ETA GANTI HEULA BAJU NA!” Sang guru olahraga bicara tanpa permisi, distracting all of sudden #PPLawesome

lalu satu demi satu ke luar tanpa permisi pula. ugh. mereka kencing berlari. #PPLawesome. Ini seperti nada fals pada orchestra. distract!

terbesitlah perasaan kalah. suudzan atas penguasaan kelas. suara saya merendah. emosi bermain. EQ minim (meureun). #PPLawesome

yaaaa lanjut lah! tapi atensi masih nol. #PPLawesome aya nu ganti baju di kelas deui ahaaha dasar.

#PPLawesome di kelas terakhir ini saya banyak bercerita bahwa monitor, harddisk (saya analogikan flashdisk), telah berubah ukuran

ternyata mayoritas suka! ahaha great! #PPLawesome nampaknya quarter terakhir efektif dengan cerita

saya merasa kalah di quarter 4 ini. sangsenior pun mengakui bahwa memang jenis anak2 berbeda, kita harus cerdas&strategik. #PPLawesome

tapi zaman sekarang bukan soal kalah dan menang. tugas kita hanya fasilitator. mereka telah cerdas bahkan sebelum masuk kelas #PPLawesome

tapi mau bagaimana lagi. kecenderungan dominasi di diri saya masih pekat. padahal saya bukan ketua kelas. saya orang baru. #PPLawesome

skul usai, adzan berkumandang, sy ikut k lantaipuncak. Bnyk anak2. Dihias dgn teriakan instruksi dr guru Agama yg khas brewoknya #PPLawesome

banyak yang meminta tangan saya. padahal mereka telah baligh. wah salting juga ini. #PPLawesome

kelas usai, saya pulang. di sinilah penekanan hari ini di mulai. #PPLawesome

masuk SMS ke HP saya bahwa saya diminta pindah sekolah. WTH. #PPLawesome

terus terang saya bingung. lalu kebingungan ini menyatu dengan nikmatnya kebab di cipaganti. #PPLawesome saya berhenti sejenak.

saya k kampus dan bertemu dengan adik-adik kelas. mereka sedang bertarung di arenanya masing2. acara himpunan. saya cari kaprodi #PPLawesome

ada matkul yg mngganjal sy bs kontrak skripsi d 8th semester ini. sy blm pny kjlasan lulus / tidak. variabel skrpsinya mntok pa! #PPLawesome

saya berjanji padanya: “kalau nanti saya tdk gol di matkul ini, skripsi saya drop aja via fkkb pak”. lalu apa beliau bilang? #PPLawesome

“enggaa… bisaa lah.. harus diusahakan..” Subhanallah! #PPLawesome

lalu, saya ke dosen pembimbing yang melakukan penawaran perpindahan sekolah. kataya sih bisa. #PPLawesome.

kepsek sekolah yang LAIN itu katanya telah mempersiapkan. Kakak kelas sayapun mengsms saya agar sms kalau jadi. #PPLawesome

saya diminta “minta bantuan” agar bisa dipindah. alasan dosen? ada deeh. #PPLawesome

saya sontak menjadi tidak yakin. teringatlah dengan target penelitian skripsi yang melibatkan kelas VIII sebagai objek #PPLawesome

sfx : http://www.youtube.com/watch?v=VXSyDtQ_pJI #PPLawesome

bhwsnnya YA! chance agar saya bisa melakukan penelitian di sekolah LAIN itu BESAR. saya mungkin bisa lulus cepat. #PPLawesome

jongkoklah sy di pinggiran parkiran kampus. kontemplasi dimulai. salting, sy naik motor ke salman untuk melanjutkan kontemplasi #PPLawesome

saya bertanya pada diri saya : mengapa saya memilih di SMPawesome ini. apa yang didapat, experience apa yang terasa. #PPLawesome

teringat pada poster ada lomba cipta video profil sekolah yang membuat saya tertantang untuk mendaftarkan anak2 kelas saya #PPLawesome

teringat pada janji susu ultra atas pertanyaan yang dijawab di salah satu kelas #PPLawesome

teringat akan dekatnya jarak SMPawesome dengan SekolahIdaman yg DKMnya butuh mentor #PPLawesome

teringat akan cita-cita InclusiveSmartSchool di masa depan #PPLawesome

tadi jam 20 SMS dari paketu masuk untuk menanyakan kepastian pindah apa tidak. #PPLawesome

saya jawab : “oooh.. Insya Allah tetap kang” #PPLawesome

biar kate dosen SMP LAIN itu sekolah terbaik di tahun kemarin.. bukan sekolah itu yang saya cari. #PPLawesome

justeru setelah dorama dan observasi matkul di smt 2. Saya tahu sekolah apa yang saya cari. Kini telah digenggam. Tanya apa lg? #PPLawesome

Oh bukan. Bkn trllu sombong u/ pindah skolah. Beginilah sy. Sekeraskepala mahasiswa, seliar SMA, yg berlogika SMP, seberisik SD #PPLawesome

soo, SMPawesome, be ready next time! I’LL KILL YOU ALL hehehehehehe. Chemistry saya ada di kalian! #PPLawesome

{ demikian episode 2. salam. #PPLawesome }

Standar

Tinggalkan Balasan

